Perawatan Kulit Dengan Herbal Alami

Minyak kutus –┬áPenampilan adalah hal yang penting untuk wanita. Dengan penampilan yang baik pula rasa percaya diri akan tumbuh sehingga dapat mendukung pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Perkembangan produk perawatan kecantikan dari masa ke masa juga mempengaruhi tren wanita sesuai zaman. Namun tidak sedikit wanita yang memilih untuk tetap cantik dengan perawatan herbal alami.

Ramuan herbal diyakini memiliki manfaat yang ideal untuk perawatan alami kecantikan. Selain untuk pemakaian luar, bahan herbal juga dapat dikonsumsi, misalnya dibuat ramuan seperti jamu tradisional. Khasiat jamu tradisional sudah dikenal secara turun temurun dan dapat membantu untuk perawatan kecantikan dari dalam tubuh.

Alasan mengapa orang juga meilih perawatan herbal sebagai bahan perawatan kulit adalah selain harganya lebih terjangkau, juga untuk menghindari produk perawatan yang belum jelas khasiatnya. Terkadang dalam suatu produk yang tidak kita ketahui proses pembuatannya mungkin saja terdapat kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Jika kandungan kimia ini digunakan dalam waktu yang lama tentu akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan seperti alergi bahkan kanker.

Tahukah Anda tanaman herbal yang dapat ditanam di lingkungan rumah ini dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 bahan herbal di antaranya yang paling sering digunakan:

  1. Lidah buaya

Tumbuhan ini dikenal sangat baik manfaatnya bagi kecantikan. Dapat digunakan untuk perawatan penyubur rambut dan penguat akar rambut agar terhindar dari kerontokan. Tak hanya untuk perawatan kecantikan, dalam lidah buaya ini terkandung dua zat, yaitu gel yang ada pada sela-sela sel di tengah daun, dan getah yang diperoleh dari sel-sel di bawah kulit daunnya dapat menjadi obat.

Lidah buaya memiliki lebih dari 75 bahan aktif termasuk anti-inflamasi, vitamin, mineral, sakarida, asam amino, asam lemak, enzim, lignin, dan asam salisilat yang dapat digunakan sebagai obat sekaligus perawatan kulit alami untuk luka bakar, radang dingin, dan psoriasis.

  1. Madu

Madu mentah merupakan salah satu sumber alami nutrisi, enzim, vitamin, dan asam. Dapat mengurangi jerawat, melembabkan bagian tubuh yang kering akibat kekurangan nutrisi, mengandung antiseptik, membantu menyembuhkan luka, melawan alergi atau ruam, dan membantu penyembuhan luka. Madu mentah ini bukanlah madu yang melewati proses seperti madu olahan yang tersedia di toko. Karena itu untuk menjaga madu tetap utuh dengan tidak memproses madu agar nutrisinya terjaga.

Kandungan antioksidan yang baik juga terdapat dalam madu mentah. Senyawa fenolik yang ada di dalamnya bermanfaat untuk Kesehatan kardiovaskular. Selain itu, polifenol yang ada dalam madu dapat mencegah penyakit jantung, melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak manfaat lainnya dari madu mentah, di antaranya ialah sebagai antibakteri dan antijamur, juga menangkal infeksi.

  1. Lemon

Air perasan lemon berfungsi untuk mengurangi noda bekas jerawat, komedo, dan bitnik hitam pada kulit. Mengandung konstituen antibakteri yang kuat, kandungan dalam air lemon mampu mengurangi bakteri yang berbahaya. Lemon tinggi akan kandungan vitamin C yang bagus untuk kulit. Berkhasiat untuk memudarkan bekas luka, bintik-bintik tanda penuaan, mencerahkan kulit, mengurangi kadar minyak berlebih, dan melawan keriput.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, jika Anda ingin memakaikannya pada wajah cukup oleskan air perasan lemon pada wajah setiap malam menjelang tidur, kemudian bersihkan dengan air dingin di pagi hari untuk menghasilkan kulit bersih, segar, dan bercahaya. Pada rambut, dapat berkhasiat untuk menambah kilau, membersihkan rambut dari kotoran, dan mencegah ketombe.

Manfaat lain dari air perasan lemon selain untuk kecantikan kulit di antaranya ialah dapat digunakan sebagai pemutih alami gigi, memudarkan selulit, hingga menyegarkan cucian.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Keduanya dapat membantu mencerahkan kulit secara alami apabila digunakan dengan cara yang tepat.

Caranya, oleskan masker kunyit secara merata pada wajah, untuk hasil yang optimal Anda dapat menambahkan madu atau Greek yoghurt ke dalam masker kunyit. Kemudian setelah diaplikasikan pada wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Selain itu kunyit diyakini dapat mengurangi jerawat, mengurangi kerutan di wajah, mengatasi hiperpigmentasi kulit, mengatasi hisurtisme (kondisi di mana rambut wajah berlebihan sepertikumis tipis pada wanita), serta melembabkan kulit yang kering.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk perawatan kulit. Khasiat dari minyak kelapa ialah membersihkan dari sel-sel kulit mati, memperkuat jaringan kulit, dan melindungi kulit dari sengatan matahari. Selain itu, minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai antibiotik yang sangat baik untuk menghilangkan bakteri, jamur atau bahkan virus yang mungkin tumbuh di epidermis kulit, serta melawan penyakit kulit seperti dermatitis.

Tak heran banyak orang suka dengan manfaat minyak kelapa. Para terapis dari perawatan kecantikan juga menggunakan minyak kelapa sebagai minyak untuk pijat relaksasi. Serta segudang manfaat dari minyak kelapa yaitu, mencerahkan wajah, mengatasi rambut kering yang sulit diatur, menyehatkan kuku, melembabkan bibir kering, dan melembabkan wajah.

  1. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur kaya akan vitamin E yang baik untuk perawatan kulit. Memiliki kandungan alami yang bersifat antiinflamasi, antimicrobial, dan juga antioksidan. Berkhasiat untuk merawat kulit berjerawat, menjadikan kulit lebih lentur dan kenyal, meratakan warna kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, dan mengatasi flek hitam. PTO atau proanthocyanidin pada minyak biji anggur dapat mengendalikan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen untuk mengurangi garis-garis halus serta stretch mark.

Keunggulan dari minyak biji anggur, ia tidak seperti minyak kelapa. Bersifat komedogenik, sehingga tidak menyumbat pori dan dapat digunakan untuk kulit sensitif. Juga ia tidak meninggalkan residu pada kulit.

  1. Air mawar

Jenis mawar yang digunakan untuk membuat air mawar adalah mawar Damask atau Rosa Damascena. Air mawar mengandung 10-15 persen minyak mawar. Beberapa manfaat dari air mawar adalah membuat mata lebih cerah, menyempurnakan riasan, sebagai toner, pembersih riasan, menghidrasi kulit, membersihkan kulit, mengurangi peradangan, mengobati jerawat, mencegah penuaan dini, dan melembabkan kulit di bagian bawah mata.

  1. Cuka apel

Cuka apel merupakan proses fermentasi dari jus apel. Dalam proses fermentasinya kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya akan manfaat. Cuka apel kaya akan vitamin A, B1, B2, C, dan E, potassium, kalsium, dan magnesium.

Manfaat cuka apel bagi kulit di antaranya adalah mengurangi bintik-bintik akibat tanda penuaan, mengatasi jerawat, menyeimbangkan pH pada kulit wajah, mencegah kerutan, menghilangkan racun dari kulit wajah, mengecilkan pori-pori, dan membantu penyembuhan kulit akibat terbakar matahari.

  1. Garam laut

Garam laut mengandung mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi. Selain dapat digunakan sebagai masker wajah, ada beberapa manfaat lain dari garam laut, yaitu dapat digunakan untuk scrub wajah, toner, dan juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih dalam perabot rumah tangga seperti vas bunga, karpet dengan noda minyak/sup/semur, teflon, serta dapat mengikis karat.

  1. Biji kopi

Antioksidan yang terkandung dalam biji kopi lebih besar dibandingkan the hijau. Bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, membantu menghilangkan selulit, membersihkan sel kulit mati di kaki, menghilangkan mata panda, dan juga sebagai antiaging.

Demikian ke-10 bahan herbal yang paling sering digunakan beserta manfaat yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, tahukah anda bahwa minyak kutus kutus merupakan minyak herbal dengan khasiat tinggi termasuk untuk perawatan kulit? Dapatkan produk aslinya di sini.

Baca Juga: Hati-Hati! Banyak Minyak Kutus Kutus Palsu 

Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu? ( Jam 8 Malam s/d 8 Pagi Slow Respon)