Manfaat Minyak Kutus Untuk Bayi dan Anak

Kutus bayi –¬†Minyak kutus kutus telah lama digunakan oleh ibu untuk mengobati bayi sebagai minyak gosok dan urut. Minyak ini bagus dipakai untuk memijat ringan pada tubuh baik sehingga memberinya kehangatan dan rasa nyaman. Selain itu, lebih rinci tentang khasiat minyak kutus bagi bayi adalah sebagai berikut.

  1. Menurunkan demam

Kutus kutus merupakan minyak esensial yang terbuat dari berbagai macam ramuan herbal. Bahan dasar berupa minyak kelapa murni dicampur dengan rempah-rempah tradisional dengan khasiat yang mujarab membuat kutus kutus tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa tetapi juga bagi bayi dan anak-anak.Di antara sekian banyak rempah yang dijadikan bahan dasar minyak kutus, beberapa di antaranya telah diyakini sanggup menurunkan demam. Serai misalnya. Kutus yang memiliki kandungan serai, secara alami bisa digunakan untuk menurunkan demam khususnya pada bayi dan anak-anak.

  1. Mengatasi kolik

Kolik atau sakit perut pada bayi sering terjadi lebih pada kondisi usus dan lambung bayi yang baru mulai menerima asupan jenis makanan yang baru. Bisa pula karena kondisi ASI yang dingin. Minyak kutus bisa digunakan sebagai minyak balur untuk meredakan masalah kolik. Dengan mengoleskan minyak pada daerah perut, pusar dan punggung akan memberikan kehangatan padaa tubuh bayi, melancarkan edaran darah serta meredakan sakit perut.

  1. Mengatasi Alergi pada bayi

Masalah alergi pada bayi yang berhubungan dengan alergen terhadap tubuh bagian luar khususnya kulit bisa menggunakan minyak kutus kutus sebagai obat balur. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga mudah terpicu untuk memberikan respon terhadap alergen. Debu, udara dingin, suhu panas, bulu kucing atau anjing merupakan faktor pemicu yang paling umum. Mengoleskan minyak kutus pada daerah yang menunjukan gejala alergi bisa meredakan alergi tersebut. Selain itu, alergi juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu yang menjadi asupan tambahan. Biasanya muncul bercak merah atau ruam pada kulit sebagai indikasi terjadinya alergi. Untuk menghilangkan ruam tersebut, menggunakan minyak kutus sangat manjur untuk digunakan.

  1. Membantu jaga kualitas tidur

Bayi dan anak-anak memiliki waktu tidur yang lebih lama ketimbang orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan perkembangan otak dan pertumbuhan fisik dan mental secara keseluruhan. Tidur juga membuat bayi dan anak memiliki sistem imun yang baik, sehingga ketika mereka kehilangan waktu tidur karena berbagai faktor maka pertumbuhan mereka akan terganggu. Beberapa faktor penyebab terganggunya tidur adalah kolik, pegal dan suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin. Minyak kutus bisa memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi bayi sehingga mempertahankan kualitas tidurnya. Herbal yang terdapat di dalam minyak kutus mampu membuat tubuh lebih rileks sehingga tidurnya nyenyak.

  1. Melegakan Batuk dan Pilek

Masalah klasik pada bayi dalam proses tumbuh kembangnya adalah batuk dan pilek. Perubahan suhu dan faktor pemicu lainnya menyebabkan bayi sering mengalami kedua hal tersebut. Batu-pilek pada bayi menyebabkan hilangnya rasa nyaman pada bayi dan membuatnya rewel, bahkan sering menyebabkan sulit tidur.Membalur tubuh bayi dengan minyak kutus membuatnya lebih hangat, mengencerkan dahak, melegakan saluran pernapasan serta menghindari masalah batu-pilek berkepanjangan.

  1. Menyembuhkan memar, lecet dan bengkak

Bayi dan anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, sering mengalami memar bahkan bengkak akibat gesekan atau tabrak dengan benda-benda di dalam rumah. Luka lecet juga sering disebabkan karena gigitan nyamuk, semut atau serangga karena aktivitas bermainnya. Menggunakan minyak kutus ampuh untuk meredakan sakit bagian luar tubuh yang dialami oleh bayi. Apalgi jika memar atau bengkak yang dialami tergolong ringan dan tidak membutuhkan perawatan intensif.

Demikian khasiat yang diperoleh dari minyak kutus bagi bayi dan anak-anak. Untuk menjaga penggunaan yang aman dan optimal, tetap pastikan untuk mendapatkan produk asli.

Baca Juga: Tips Memilih Minyak Kutus Kutus

Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu? ( Jam 8 Malam s/d 8 Pagi Slow Respon)