Penyebab Nyeri Sendi Dan Rekomendasi Pengobatannya Dengan Minyak Kutus – Kutus

Kutus – Kutus – Sendi Anda adalah area di mana 2 tulang atau lebih bertemu  biasanya memungkinkan bagian tubuh Anda menekuk dan bergerak. Sebagian besar sendi adalah sendi sinovial , seperti sendi pinggul, lutut, dan bahu.

Gejala nyeri sendi
Nyeri sendi adalah gejala umum, dan rasa sakitnya bisa berkisar dari ringan hingga melemahkan. Nyeri sendi dapat mempengaruhi satu sendi saja atau dapat mempengaruhi beberapa sendi pada saat yang bersamaan. Nyeri sendi mungkin timbul dari sendi itu sendiri, atau disebabkan oleh struktur di sekitarnya, seperti tendon atau bursae (kantung berisi cairan yang melindungi sendi Anda). Rasa sakit bisa disertai dengan pembengkakan, panas, nyeri tekan, kekakuan atau peradangan. Nyeri sendi bisa datang tiba-tiba, atau gejalanya bisa datang dan pergi seiring waktu. Nyeri sendi juga dikenal sebagai artralgia. Jika Anda mengalami nyeri sendi yang disertai dengan gejala-gejala ini, Anda harus mengunjungi dokter:

  • kehilangan rentang gerak dan kesulitan menggerakkan sendi
  • kekakuan
  • sendi yang merah atau terasa hangat saat disentuh
  • pembengkakan pada sendi
  • kelembutan sendi
  • Jika gejala ini muncul, segera temui dokter
  • rasa sakit yang kuat
  • pembengkakan sendi secara tiba-tiba
  • kamu tidak bisa menggerakkan sendi

Tes dan diagnosis nyeri sendi
Jika Anda mengalami nyeri sendi, dokter akan memeriksa sendi, dan menanyakan pertanyaan tentang nyeri dan bagaimana awalnya.

Baca Juga: Penyebab Amandel Dan Rekomendasi Pengobatannya Dengan Minyak Kutus – Kutus

Jika mereka mencurigai asam urat, rheumatoid arthritis atau penyebab autoimun untuk nyeri sendi Anda, mereka mungkin menyarankan Anda melakukan tes darah khusus untuk mencari antibodi atau penanda penyakit.

Terkadang mereka mungkin menyarankan Anda melakukan rontgen. Jarang, pencitraan lain mungkin relevan, seperti pemindaian MRI, CT scan atau pemindaian tulang.

Berikut adalah beberapa penyebab utama nyeri sendi.

Cedera Olahraga

Cedera olahraga adalah penyebab umum nyeri sendi pada sendi siku, lutut, bahu , dan pergelangan kaki.

Terkilir dan tegang adalah jenis cedera olahraga yang umum yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Cedera ringan harus sembuh dengan cepat, tetapi ketegangan atau keseleo yang lebih parah mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Cedera yang berlebihan, seperti beberapa gangguan rotator cuff pada bahu juga dapat menyebabkan nyeri bahu.

Nyeri lutut adalah masalah umum dan mungkin disebabkan oleh cedera berlebihan pada pelari atau pengendara sepeda.

Osteoartritis

Osteoarthritis adalah penyebab nyeri sendi yang sangat umum. The sendi yang paling sering terkena di osteoarthritis adalah lutut, pinggul, dan sendi jari.

Rasa sakit pada osteoartritis diduga disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kelebihan cairan pada sendi, peradangan pada membran sinovial, dan hilangnya ruang sendi. Anehnya, tulang rawan bukanlah sumber rasa sakit, karena tidak memiliki suplai darah atau saraf.

Nyeri akibat osteoartritis dapat disertai dengan kekakuan (terutama setelah bangun tidur atau periode tidak aktif), nyeri tekan pada sendi, pembengkakan dan berkurangnya fleksibilitas, serta rasa gerinda atau gerinda pada sendi. Ini dapat mempengaruhi hanya satu sendi di satu sisi tubuh atau keduanya. Nyeri akibat osteoartritis cenderung muncul secara bertahap.

Artritis reumatoid

Rheumatoid arthritis (RA) biasanya simetris, mempengaruhi sendi di kedua sisi tubuh sekaligus. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang jaringan di persendian Anda. RA menyebabkan nyeri, pembengkakan dan kekakuan pada persendian. Sendi juga bisa menjadi cacat. Kekakuan pagi hari dari RA biasanya berlangsung lebih lama dari satu jam, berbeda dengan osteoarthritis, yang berlangsung cukup cepat.

Sendi yang sering terkena rheumatoid arthritis adalah tangan, pergelangan tangan dan kaki. Gejalanya mungkin tidak konstan – bisa datang (flare) dan pergi (periode remisi).

Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah sindrom nyeri kronis yang ditandai dengan rasa terbakar dan nyeri pada persendian sebagai salah satu gejalanya. Orang dengan fibromyalgia memiliki kepekaan yang tinggi terhadap rasa sakit; mereka mungkin menderita kelelahan kronis, masalah ingatan, sakit kepala atau pusing.

Penyebabnya tidak diketahui. Fibromyalgia tidak mempengaruhi atau merusak sendi.

Encok

Asam urat adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada peningkatan kadar asam urat dalam darah. Asam urat mengkristal ke dalam sendi, menyebabkan rasa sakit, kemerahan dan panas. Sendi yang paling sering terkena adalah jempol kaki, tetapi punggung kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, siku, dan jari dapat terpengaruh. Sendi mungkin menyakitkan untuk disentuh.

Radang kandung lendir

Bursitis adalah peradangan pada kantung kecil berisi cairan yang melindungi sendi Anda. Salah satu area yang paling umum untuk bursitis adalah sendi bahu. Sendi lain yang sering terkena adalah sendi panggul, sendi lutut dan sendi siku.

Cedera berlebihan atau tekanan berulang, misalnya dari berlutut, dapat menyebabkan radang kandung lendir. Infeksi atau cedera mendadak adalah penyebab potensial lainnya.
Rasa sakit dapat terjadi secara tiba-tiba atau mungkin bertambah secara bertahap. Sendi mungkin bengkak.

Penyakit menular

Beberapa penyakit menular dapat memiliki gejala nyeri sendi, misalnya penyakit Lyme , tifus, influenza , hepatitis , rubella dan jarang cacar air.

Artritis reaktif adalah radang sendi yang berkembang sebagai respons terhadap infeksi di tubuh Anda. Beberapa infeksi bakteri dapat menyebabkan artritis reaktif, misalnya Salmonella , Chlamydia dan Clostridium difficile . Namun, tidak semua orang yang terkena infeksi ini akan mengembangkan artritis reaktif  hanya sebagian kecil orang yang akan mengalaminya.

Artritis septik

Artritis septik terjadi ketika bakteri atau jamur dalam aliran darah Anda menyebabkan infeksi pada sendi. Ini biasanya terjadi karena cedera atau dari operasi. Organisme yang paling umum menyebabkan infeksi tersebut adalah Staphylococcus dan Streptococcus dan sendi yang paling sering terkena adalah lutut dan pinggul.

Nyeri biasanya datang tiba-tiba pada satu sendi. Sendi mungkin hangat, bengkak atau merah, dan biasanya sangat menyakitkan untuk menggunakan sendi.

Penyakit autoimun

Beberapa penyakit autoimun, di mana tubuh secara keliru menyerang dirinya sendiri, memiliki gejala nyeri sendi, misalnya lupus , sindrom Sjogren , psoriasis (ini dikenal sebagai psoriatic arthritis) dan polymyalgia rheumatica .

Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu? ( Jam 8 Malam s/d 8 Pagi Slow Respon)